Office opening hours: 8AM to 7PM. Open all days

Benarkah Harga Umroh Dipengaruhi Jarak Hotel ke Masjid? Apa Manfaatnya?

Saat umroh, semakin murah harga yang ditawarkan, maka jarak hotel ke masjid akan semakin jauh. Sebaliknya, semakin dekat jarak hotel ke masjid, maka biaya yang dikeluarkan juga membuat biaya bertambah. Benarkah?

“Benar, biaya umroh salah satunya dipengaruhi jarak hotel ke masjid. Tentu berbeda harga hotel yang berada di dekat halaman masjid (Harom), dengan hotel yang jarak 1 kilometer dari masjid,” jelas Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umroh Kemenag Riau, Abdul Wahid kepada bertuahpos.com.

Dilanjutkan Abdul Wahid, idealnya jarak hotel ke masjid adalah sampai 500 meter. Semakin dekat jarak hotel ke masjid, maka akan semakin baik lagi. Tentu banyak kemudahan bila jarak hotel dengan Harom atau Masjid semakin dekat, sangat banyak manfaatnya.

“Karena jarak yang dekat akan semakin memudahkan jemaah dalam beribadah. Bayangkan jika harus berjalan 1 kilometer untuk ke masjid, kasihan jemaah. Begitu juga bila naik bus. Apalagi kalau sudah usia lanjut,” tambahnya lagi.

Jemaah umroh, kata Abdul Wahid, jangan segan untuk menanyakan perihal hotel ini ke pihak travel. Jika perlu, bisa menggunakan teknologi peta di smartphonenya untuk mengukur jarak hotel yang disebutkan pihak travel dengan masjid.

“Dengan demikian, jemaah bisa memastikan, bahwa jarak hotel dan masjid seuai dengan harga yang ditawarkan pihak travel. Sederhanya memang demikian, semakin dekat harga akan berpengaruh, dan tentu manfaatnya juga banyak,” tutupnya.

Baca juga: Ingin Umroh dengan Tenang? Kementerian Agama Ingatkan, Jangan Tergiur Harga Murah

Dari beberapa jamaah yang dikonfirmasi BertuahPos.com membenarkan perihal perbandingan jarak hotel dengan paket umroh. Begitu juga dengan manfaatnya, semakin dekat akan memberi banyak manfaat. Misalnya, dengan jarak dekat tentu untuk ke masjid atau harom dapat dilakukan kapan saja, siang, malam, dini hari, sepertiga malam, kapan saja.

“Dengan semakin dekat hotel, efektifitas ibadah semakin baik. Kita dapat kapan saja ke harom, karena jaraknya dekat. Bayangkan bila jaraknya jauh, tentu energi sangat terkuras. Belum lagi kalau mau ke kamar kecil (toilet), menurut saya lebih baik ke hotel karena jaraknya dekat, karena kalau ke toilet yang di dekat masjid, antre harus sangat berhati – hati menjaga kesucian pakaian. Begitu juga kalau hotel dekat, bisa shalat tahajud atau kapan saja kita bisa pergi,” sebut Angga.

Ia juga menambahkan, dari pengalamannya yang terpenting itu ialah keamanan, kenyamanan dan dapat menjaga energi sehingga dapat beribadah dengan optimal.

“Nah, itu makanya penting jarak hotel dekat dengan masjid. Jangan mau murah tetapi nanti disana tidak efektif, padahal ibadah yang optimal dan khusyuk yang kita cari. Pilihlah hotel yang dekat, namun tentu harga disesuaikan, berkisar 24 jutaan,” sarannya.

 

Sumber: bertuahpos.com