Office opening hours: 8AM to 7PM. Open all days

Ingin Umroh dengan Tenang? Kementerian Agama Ingatkan, Jangan Tergiur Harga Murah

Masyarakat kembali diingatkan agar tidak tergiur dengan harga murah untuk pergi melaksanakan umroh. Pasalnya, jika ada promo umroh dengan harga murah bahkan sampai Rp15 juta, masyarakat patut mencurigai dan diharapkan mengabaikannya.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Seksi Informasi Haji dan Umroh Kemenag Riau, Asril saat ditemui bertuahpos.com di kantornya. Menurutnya, harga umroh murah sangat tidak masuk akal, sebab untuk komponen harga tiket saja sudah sangat besar.

“Jangan tergiur dengan harga murah tersebut. Sudah banyak contoh kasus penipuan berkedok umroh murah ini. Perhatikan dulu travel atau agen perjalanan umroh yang dipilih, agar bisa melaksanakan ibadah umroh dengan tenang,” pesan Asril.

Salah satu SMS promo umroh yang pernah beredar di masyarakat Riau adalah atas nama KJL Tour. Bahkan, harga yang ditawarkan sangat murah, yakni hanya Rp13,8 juta saja. Namun, Asril mengatakan promo seperti itu sangat tidak masuk di akal. Terbukti beberapa travel yang di kemudian hari bermasalah seperti First Travel.

Baca juga: Ingin Umroh Lagi? Perhatikan Aturan Visa Progresif Berikut

“Silahkan dihitung, ongkos pesawat pulang-pergi itu tidak bisa kurang dari Rp 11 juta. Berapa sisa lagi? Rp 2 juta. Itu tentu tidak akan cukup, karena visa saja sudah habis 1 juta. Belum penginapan atau hotel, belum makan selama 12 hari di tanah suci. Harga Rp 13,8 juta itu tidak masuk akal,” pungkas Asril

Manager Operasional Biro Perjalanan Umroh Shirotol Jannah, Izwan menyebutkan, harga murah memang sangat menggoda. Namun potensi kerugiannya sangat luar biasa. “Terbukti, ribuan yang kena tipu, tidak jadi berangkat. Harganya saja tidak logis. Jadi, yang paling utama itu ialah kenyamanan. Kementerian Agama juga sudah menetapkan, minimal 20 juta,” sebutnya.

 

sumber: bertuahpos.com